4 Langkah Mengganti Perusahaan Asuransi Kendaraan

wpid-b9356c5c6ff4483a9612ef7b79a20f05

18 Feb 4 Langkah Mengganti Perusahaan Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan perlindungan yang penting bagi Anda dan mobil Anda. Namun terkadang Anda bertanya-tanya dalam diri sendiri, ketika ternyata dalam setahun Anda tidak banyak melakukan klaim bahkan sama sekali tidak mengajukan klaim ke perusahaan asuransi, apakah asuransi kendaraan ini sangat penting dan harus terus diperpanjang?

Meskipun Anda jarang mengajukan klaim ke perusahaan asuransi, janganlah berpikir untuk tidak memperpanjang asuransi kendaraan Anda. Jika premi asuransi kendaraan Anda saat ini cukup mahal, maka cobalah untuk berganti ke perusahaan lain dengan premi yang cukup murah namun pelayanan tetap maksimal. Sebelum Anda mengganti ke perusahaan lain, berikut ada 4 hal yang harus Anda perhatikan.

1. Mereview Kondisi Mengemudi Sekarang

Sebelum berpindah perusahaan asuransi, ketahuilah dahulu kondisi mengemudi Anda saat ini. Apakah Anda sering berkendara dalam jarak jauh? Apakah Anda setiap hari menggunakan mobil untuk bekerja? Apakah mobil Anda saat ini masih baru?

Dengan mengetahui kondisi mengemudi Anda sekarang dan polis asuransi yang sedang digunakan, Anda dapat menentukan apakah polis asuransi yang sekarang adalah pilihan yang sudah tepat atau tidak. Jika ternyata polis asuransi sekarang terlalu mahal sementara Anda jarang mengajukan klaim, Anda bisa beralih ke perusahaan lain dengan polis yang lebih murah, atau bisa juga Anda memilih jenis asuransi Total Loss Only daripada asuransi All Risk.

2. Membandingkan Berbagai Perusahaan Asuransi

Jika ingin berganti perusahaan asuransi, lakukan riset terlebih dahulu mengenai beberapa perusahaan asuransi yang Anda inginkan dan bandingkan dengan polis asuransi yang Anda miliki saat ini.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk berganti perusahaan asuransi, cobalah untuk bertanya terlebih dahulu kepada perusahaan asuransi Anda saat ini, apakah Anda bisa mendapatkan potongan harga bila memperpanjang polis asuransi. Anda harus sedikit “mengancam” untuk mendapatkan potongan harga, dan bila ternyata mereka tetap tidak memberikan potongan harga maka barulah Anda mencari perusahaan asuransi lain.

3. Jangan Abaikan Perlindungan

Meskipun Anda menemukan perusahaan asuransi lain yang menawarkan asuransi dengan harga lebih murah, jangan pernah mengabaikan jenis perlindungan yang diberikannya. angan mencari asuransi lain yang lebih murah tapi perlindungan yang diberikan juga minim. Jika memang harus ada perlindungan yang tidak diberikan, pilihlah jenis perlindungan yang tidak begitu penting bagi Anda, misalnya fasilitas mobil derek, mobil pengganti, atau penggantian ongkos taksi.

4. Beritahu Perusahaan Asuransi

Setelah melakukan riset yang cukup banyak, Anda mungkin saja mendapatkan asuransi lain dengan biaya yang lebih murah. Namun, sebelum memutuskan untuk menandatangani polis yang baru, jangan lupa untuk memberi tahu dan mengakhiri perjanjian asuransi dengan perusahaan yang lama. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari Anda dari tuduhan penipuan asuransi dengan memiliki dua polis bersamaan.

Dengan memiliki dua polis asuransi yang sama dari dua perusahaan asuransi yang berbeda, Anda bisa saja dituduh melakukan penipuan dengan modus mendapatkan double claim.

 

Sumber : detik.com

Komentar Anda