5 Tips Untuk Mengelola Jadwal Agar Karir Tetap Stabil

Time-Management

06 Apr 5 Tips Untuk Mengelola Jadwal Agar Karir Tetap Stabil

Mungkin Anda sering sulit mengatur jadwal agar dapat tetap stabil dalam menjalankan karir dan kehidupan pribadi. Bahkan mungkin terkadang Anda sering mementingkan satu kegiatan dan masalah saja. Banyak hal yang harus dipahami agar dapat mengatur jadwal agar seimbang dalam pekerjaan. Ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola schedule agar karir tetap seimbang dengan kehidupan pribadi Anda :

1. Membuat rutinitas
2. Pengoptimalan waktu untuk jenis pertemuan yang berbeda
3. Gunakan slot janji ketemu
4. Rencanakan waktu teman dan keluarga kamu
5. Mengatur waktu yang sangat benar

1. Membuat rutinitas

Kamu harus dapat membuat jadwal rutinitas Anda, apa saja yang memang harus Anda lakukan secara rutin dan berkala. Rutinitas disini adalah kebiasaan yang memang Anda kerjakan setiap hari saat sedang bekerja. Dan harus ada peningkatan kecil pada hasil pekerjaan Anda secara berkala sehingga Anda tidak merasa bosan pada rutinitas pekerjaan.

2. Optimalisasi waktu untuk jenis pertemuan yang berbeda

Saat Anda sedang melakukan pertemuan atau rapat Anda harus bisa mengoptimalkan hasil dari pertemuan tersebut, bila Anda dapat mengoptimalkan waktu pertemuan agar mendapatkan hasil yang baik untuk karir kamu maka lakukan pengoptimalan itu. Kurangi penggunaan alat komunikasi lain yang dapat mengganggu pertemuan Anda. Dan juga atur pembagian waktu pertemuan, jangan sampai Anda melebihkan atau mengurangi waktu pertemuan itu.

3. Gunakan slot janji

Jika Anda bingung membagi waktu pertemuan yang sangat banyak maka Anda dapat menggunakan slot janji. Slot janji di sini adalah Anda mengatur dan membagi janji pertemuan dengan sangat pas. Agar Anda tidak mengorbankan orang lain untuk jadwal pertemuan mereka dengan Anda. Tapi Anda harus benar-benar menggunakan slot janji ini dengan baik, sebuah catatan kecil untuk mengunci pembagian waktu Anda.

4. Rencanakan waktu dengan teman dan keluarga

Selain dengan kantor dan rekan kerja, Anda juga harus dapat membagi waktu pertemuan dengan teman dan keluarga karena mereka adalah orang-orang yang dapat memberikan Anda semangat untuk kemajuan karir. Mereka juga adalah penginspirasi ide-ide fantastis Anda saat sedang bekerja. Maka Anda harus dapat meluangkan waktu untuk bertemu dengan mereka di selah-selah pekerjaan Anda yang sangat sibuk.

5. Mengatur waktu yang sangat benar

Anda harus bisa merincikan waktu yang sangat sebenar-benarnya tanpa ada celah sedikit untuk kesalahan pengaturan waktu. Karena dengan melakukan suatu hal dengan on time, baik hal penting maupun hal yang tidak penting sekalipun, Anda berarti sudah bisa profesional dengan diri Anda sendiri dan itu berpengaruh untuk masa depan. Karena masa depan yang sukses adalah masa depan bagi orang yang dapat disiplin waktu pada saat prosesnya.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan agar bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Serta bisa membantu kemajuan karir Anda, Anda harus bisa menjadi orang yang disiplin dan tepat waktu untuk semua hal yang dilakukan tanpa memikirkan hal itu penting atau tidak.

 

Sumber : laruno.com

Komentar Anda