7 Universitas Pencetak Ilmuwan Terpopuler di Indonesia

ilmuwan

27 Feb 7 Universitas Pencetak Ilmuwan Terpopuler di Indonesia

Global Scholar Citation melaporkan terdapat 200 ilmuwan top di Indonesia. Sebanyak 200 peneliti Indonesia masuk daftar ilmuwan terpopuler di dunia jagat maya. Sejumlah universitas ternama menjadi tempat bernaung para ilmuwan ini.

Ilmuwan top tersebut masuk ke dalam Google Scholar Citation (GSC) yang merangkum berbagai database penelitian dari peneliti tersebut. Untuk diketahui, Google Scholar adalah salah satu mesin pengindeks untuk makalah, buku, dan karya-karya kecendekiaan lainnya dalam bentuk tertulis.

Profile di Google Scholar berisi daftar semua tulisan seorang penulis (buku, makalah, atau artikel) yang dikutip oleh penulis lain. Tulisan karya penulis tersebut diacu sebagai referensi yang disebutkan di dalam daftar pustaka.

Google Scholar mengaku saat ini telah mendokumentasikan lebih dari 160 juta dokumen. Jumlah ini diklaim tiga kali lebih besar cakupannya dibanding mesin pencari serupa seperti WOS, Thomson atau Scopus dan Elsevier.

Dari laporan webometrics, ilmuwan ternama Sigmund Freud berada pada posisi teratas dalam GCS. Sebanyak 356.815 hasil karya peneliti dari University of Vienna ini dikutip oleh penulis lainnya.

Selain Freud, ilmuwan top dunia lainnya yang berada di posisi teratas adalah Michael Foucoault dari College de France serta ahli marketing tenama dunia, Philip Kotler dari Nortwestern University.

Di lingkup Indonesia, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Suharyo Sumowidagdo, menjadi ilmuwan top versi GSC. Kutipan Suharyo setidaknya digunakan sebanyak 34.861 kali. LIPI sendiri berhasil menelurkan 13 peneliti yang paling banyak dikutip di mesin GSC.

Berikut adalah 7 Universitas dengan ilmuwan paling top versi GSC:

1. Institut Pertanian Bogor: 34 ilmuwan
2. Universitas Indonesia: 21 Ilmuwan
3. Universitas Gadjah Mada: 16 ilmuwan
4. Institut Teknologi Bandung: 12 ilmuwan
5. Universitas Diponegoro: 11 ilmuwan
6. Universitas Padjadjaran: 9 ilmuwan
7. Universitas Brawijaya: 7 ilmuwan

Komentar Anda