AAJI & AAUI Pasarkan Produk Mikro Mulai Februari

asuransi-umum

14 Jan AAJI & AAUI Pasarkan Produk Mikro Mulai Februari

Setelah beberapa lama menunggu, asuransi mikro bersama yang dirancang oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia mulai akan dipasarkan pada Februari 2015.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, Julian Noor mengatakan bahwa masih ada beberapa hal yang harus disepakati antar anggota asosiasi. “AAJI dan AAUI masih proses membuat kesepakatan di antara perusahaan asuransi.” ujarnya.

Peluncuran asuransi mikro bersama ini dinilai berlarut-larut. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) awalnya menargetkan bisa memasarkan produk asuransi mikro bersama ini pada bulan Juni tahun lalu. Sementara AAUI memasang target Maret tahun lalu. Namun setelah berganti tahun produk asuransi mikro bersama ini tidak kunjung dipasarkan.

Julian menjelaskan bahwa masih ada beberapa hal yang harus didiskusikan di antaranya, ada sejumlah anggota asosiasi yang ingin fokus menjual produk mikronya sendiri. Serta ada beberapa mekanisme yang masih harus disepakati bersama.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu. Menurutnya yang masih dibicarakan, dipersiapkan, serta dimatangkan di AAJI terkait asuransi mikro bersama ini adalah sistem IT nya.

Tak hanya proses perumusan produk dan pertanggungan, mekanisme pengajuan izin juga menjadi kendala.

Julian menjelaskan, proses perizinan sempat menghambat realisasi AMB namun sekarang telah diputuskan. OJK telah menyetujui bahwa pengajuan izin bisa dilakukan oleh asosiasi saja. Kemudian perusahaan asuransi menyesuaikan dengan produk asuransi yang diajukan asosiasi.

Adapun tiga produk yang diajukan AAUI adalah kecelakaan diri, asuransi rumah dari kebakaran dan bencana alam, dan asuransi usaha kecil.

 

Sumber : bisnis.com

Komentar Anda