Bersaing Dengan China, UMKM Indonesia Perlu Lebih Giat Jualan Online

online-shop

03 Jun Bersaing Dengan China, UMKM Indonesia Perlu Lebih Giat Jualan Online

Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di dalam negeri kerap menghadapi persoalan pendanaan dan mempromosikan hasil produksinya. Industri e-commerce atau bisnis online yang semakin besar di Indonesia bisa menjadi solusi mengatasi ini.

Keduanya dapat saling melengkapi. Pelaku industri berbasis internet mempunyai kewajiban moral membina dan meningkatkan kualitas promosi produk UKM.

“Beberapa ciri UKM berkualitas yang saya temui dalam bisnis online selama ini antara lain adalah trustworthy (terpercaya), reliable (dapat diandalkan), mempunyai layanan yang bagus memiliki daya kompetitif, dan memberikan respon yang cepat kepada konsumen,” ujar CEO Bukalapak.com

Dia menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke China beberapa waktu lalu. Zaky menilai, pelaku UKM di China jauh lebih profesional dibandingkan di Indonesia. Sebab mereka mengikuti tren perilaku konsumen yang telah beralih dari belanja tradisional ke belanja online.

Pelaku UMKM dihadapkan pada beberapa tantangan misalnya antara lain meningkatkan kualitas, memanfaatkan internet, pelayanan bagus, lebih reliable, dan lebih profesional. Dia yakin bila tantangan tersebut dijalani dengan baik maka pelaku UMKM di Indonesia dapat menyamai China pada lima tahun mendatang.

 

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda