Duit dan Kebiasaan Jelek yang Harus Dihilangkan

shopping

04 Jun Duit dan Kebiasaan Jelek yang Harus Dihilangkan

Bila Anda memiliki banyak duit kemungkinan hidup Anda akan enak dan nyaman. Akan tetapi, meskipun Anda memiliki duit, selama Anda memiliki kebiasaan jelek tentang duit maka dapat menyebabkan Anda justru kehilangan duit Anda. Agar tidak terkena masalah dengan duit, tidak ada salahnya kita belajar untuk menghilangkan kebiasaan jelek yang berhubungan dengan duit.

Emosi Belanja

Namanya juga emosi, ditambah lagi belanja, maka hasil akhirnya tidak dapat dikontrol. Berpikirlah secara rasional sebelum menghabiskan uang untuk membeli barang yang belum tentu Anda butuhkan. Ingat kata kuncinya adalah kebutuhan vs keinginan.

Tidak Membuat Anggaran

Ketika berbicara urusan duit, kesalahan besar bila Anda tidak pernah membuat budget bulanan. Karena bila tidak memiliki anggaran, bagaimana kita dapat mengontrol pengeluaran kita?

Dengan budget memungkinkan untuk melihat berapa banyak uang yang Anda hasilkan dari pekerjaan ditambah pekerjaan tambahan (bila ada), dan kemana dana tersebut Anda habiskan dan untuk apa saja.

Dengan anggaran bulanan dapat membantu Anda mengontrol pengeluaran.

Mengandalkan Kartu Kredit

Mungkin banyak dari Anda yang berkata dalam hati, “Ah tenang kan ada kartu kredit.” Apabila Anda berkata begitu berarti Anda termasuk yang ke dalam kategori ini. Anda hanya diperbolehkan menggunakan kartu kredit jika Anda telah memiliki dana untuk melunasi tagihannya setiap bulan. Apabila dana Anda belum ada, maka lupakan menggunakan kartu kredit.

Suka Yang Gampang

Semua orang pasti akan mencari dan menyukai dengan hal-hal yang gampang alias mudah. Daripada repot memotong-motong buah, mending beli yang sudah siap dimakan atau sudah dipotongin. Daripada repot membuat jus, mending beli jus yang sudah jadi. Daripada repot masak sendiri, lebih baik beli makanan yang sudah jadi atau makan di luar.

Semua kenyamanan dan hal-hal yang membuat hidup kita gampang tersebut dapat menyebabkan biaya hidup yang tinggi. Karena semuanya harus Anda bayar dengan harga yang lebih mahal.

Dari pada duit Anda habis untuk membeli kopi susu seharga Rp 40 ribu setiap hari, mengapa tidak membuat kopi susu sendiri kemudian isi ke dalam cagkir atau tumbler dan bawa ke kantor.

Banyak hal-hal lain yang sebenarnya simple namun mengeluarkan biaya yang besar setiap bulannya. Bila Anda tidak berhati-hati maka siap-siap kantong Anda akan jebol.

 

Sumber : detik.com

Komentar Anda