Hingga Oktober 2015, Klaim JHT Di Malang Capai Rp159 Miliar

BPJS Ketenagakerjaan

26 Oct Hingga Oktober 2015, Klaim JHT Di Malang Capai Rp159 Miliar

Pembayaran klaim jaminan hari tua (JHT) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Malang sampai dengan Oktober 2015 diperkirakan mencapai Rp159 miliar.

Besaran klaim itu dipicu banyaknya pemutusan hubungan (PHK) serta mudahnya proses pencairan jaminan.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Malang Sri Subekti mengatakan pembayaran klaim JHT sebagian besar untuk tenaga kerja (TK) yang di PHK, sebagian lagi mengundurkan diri, dan sisanya karena pensiun.

“Sampai dengan akhir Oktober 2015, jumlah TK yang mengajukan klaim JHT diperkirakan mencapai 29.000 orang,” ujarnya di Malang, Kamis (22/10/2015).

Dari jumlah itu, 75% karena faktor PHK, sedangkan sisanya karena mengundurkan diri, pensiun, maupun menggunakannya untuk perbaikan rumah.

Pemohon pencairan JHT sampai dengan September 2015, mencapai 24.000 TK. Khusus untuk September saja, mencapai 5.000 TK.

Tingginya angka pengambilan JHT, selain karena angka PHK yang tinggi, juga dipicu adanya kelonggaran persyaratan pengembalian yang tidak harus menunggu 5 tahun. Satu bulan setelah PHK bisa mencairkan JHT.

Dampak bagi TK sendiri, mereka sebenarnya merugi jika langsung mengambil JHT, begitu di PHK.  Alasannya, ketika memasuki usia pensiun, dana mereka sudah tidak ada.

Padahal tujuan adanya JHT, maka pekerja saat memasuki pensiun masih mempunyai dana yang cukup untuk digunakan berbagai keperluan, selain memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sumber : bisnis.com

Komentar Anda