Ini Alasan RS Swasta Enggan Menjadi Mitra BPJS

BPJS

23 Feb Ini Alasan RS Swasta Enggan Menjadi Mitra BPJS

Persatuan Rumah Sakit Swasta Indonesia mengungkapkan alasannya terkait dengan masih minimnya rumah sakit swasta yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

Susi Setiawaty, Ketua Umum Persatuan Rumah Sakit Swasta Indonesia mengakui bahwa minat rumah sakit swasta untuk bergabung menjadi mitra BPJS Kesehatan sejauh ini masih sangat rendah.

Selain karena tidak diwajibkan dalam UU, tidak adanya perbedaan tarif antara rumah sakit swasta dengan ruma sakit pemerintah juga menjadi pertimbangan bagi pihak swasta untuk menjadi mitra. Semestinya pemerintah memberlakukan perbedaan tarif bagi rumah sakit swasta, sehingga pihak swasta yang menjadi mitra BPJS Kesehatan tetap bisa mendapatkan keuntungan dan tidak terbebani.

“Kami keberatan dengan tidak adanya perbedaan tarif. Rumah sakit pemerintah semua biaya dan gaji pegawai kan ditanggung negara. Kalau swasta investasi alat kesehatan, gaji pekerja, itu kami tanggung sendiri, tidak ada subsidi atau bantuan dari pihak lain,” katanya.

Selain tarif, sambungnya, pengelola rumah sakit swasta juga mengeluhkan harga obat dan alat kesehatan yang dipatok terlalu tinggi. Menurut Susi, semestinya harga dan kemudahan obat serta alat kesehatan harus disamakan antara rumah sakit swasta dengan rumah sakit pemerintah.

 

Sumber : bisnis.com

Komentar Anda