Ini Dia Hobi Yang Bisa Jadi Investasi

invest

07 Apr Ini Dia Hobi Yang Bisa Jadi Investasi

Berbicara mengenai investasi, seringkali yang terbayang adalah emas, properti, ataupun saham. Instrumen-instrumen ini dinilai dapat mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang.

Padahal sebetulnya investasi tidak perlu terlalu muluk-muluk. Hobi pun dapat menjadi sarana investasi. Bahkan nilainya dapat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan emas, properti, atau saham.

Berikut hobi yang bisa menjadi investasi :

1. Mobil kuno

Harga jual mobil memang akan selalu turun. Namun ini tidak berlaku pada mobil-mobil klasik yang langka atau dibuat terbatas (limited edition). Menurut Historic Automobile Group International (HAGI), mobil klasik bisa menjadi investasi paling menguntungkan.

2. Barang antik

Antik selalu identik dengan tua dan kuno. Untuk para pecinta barang antik, semakin tua usia barang maka akan ada nilai keunikan tersendiri, baik itu tahun pembuatan ataupun sejarah yang mengikutinya.

Karena harga yang relatif tinggi dan peminat yang terbatas, barang antik bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang tidak ternilai. Sebagai pecinta barang-barang antik, ingat selalu untuk jeli dan merawatnya dengan baik agar kualitasnya tetap terjaga dan nilai jualnya juga tetap tinggi.

3. Perangko

Di era digital seperti sekarang ini, surat-menyurat melalui pos sudah tidak populer. Akan tetapi keberadaan perangko tetap eksis, apalagi ada pagelaran lelang perangko secara rutin tiap tahunnya.

Eksistensi mengoleksi perangko alias filateli tetap terjaga karena banyak penggemarnya di seluruh dunia yang tetap setia memburu perangko-perangko unik.

Keuntungannya cukup besar, karena semakin langka perangko tersebut, dari edisi serta tahunnya, akan semakin mahal harganya.

4. Komik

Bila Anda gemar membaca komik maka komik bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Contohnya saja komik Action Comics 1 terbitan tahun 1938, yang merupakan debut dari Superman. Tahun lalu, komik ini bisa terjual seharga US$ 3 juta atau Rp 39 miliar.

Menurut Vincent Zurzolo, pemilik Metropolis Collectibles di New York, komik termasuk investasi yang aman karena tidak terpengaruh dengan gejolak pasar keuangan. Di Indonesia, hobi ini cukup banyak penggemar. Komunitas penggemar komik Amerika Serikat (AS) menamakan diri mereka sebagai Indonesia US Comic Collector (IUSCC).

 

Sumber : detik.com

Komentar Anda