Kenali Kerusakan Pendingin Mesin Pada Kendaraan Anda

radiator

28 May Kenali Kerusakan Pendingin Mesin Pada Kendaraan Anda

Pada saat cuaca sedang panas, sangat penting mengetahui gejala kerusakan sistem pendingin pada kendaraan Anda agar perjalanan Anda tidak terganggu. Kegagalan sistem pendingin merupakan salah satu penyebab kerusakan kendaraan Anda.

Ada 4 gejala yang paling menonjol saat sistem pendingin Anda mengalami kerusakan, diantaranya :

1. Overheating

2. Kebocoran

3. Bau manis antibeku

4. Berulang kali perlu menambahkan pendingin

Mengabaikan sistem pendingin kendaraan Anda dapat menyebabkan kerusakan serius bahkan kegagalan mesin, yang dapat mengganggu Anda berkendara. Jika pendingin tidak diberikan perawatan rutin, kerusakan pada mesin dapat terjadi kapan saja.

Melakukan pemeriksaan rutin pada sistem pendingin kendaraan Anda mulai dari belts, selang, pompa air, dan cairannya akan menjaga mobil Anda tetap dingin dan prima bahkan untuk perjalanan jauh.

Tugas utama dari sistem pendingin mesin adalah untuk menghilangkan panas yang dihasilkan selama proses pembakaran. Sistem pendingin dapat mendinginkan mesin dengan suhu lebih dari 200 derajat untuk menghilangkan panas pada mesin, jika komponen mesin mulai gagal.

Bagian penting dari sistem pendingin yang mengilangkan panas dari mesin kemudian membuangnya ke udara. Pompa air bersirkulasi melalui pendingin mesin. Pendingin mesin menyerap panas dan kembali ke radiator dimana panas hilang. Termostat mengatur suhu pendingin untuk tetap konsisten untuk mengoperasikan mesin secara efisien.

Faktor utama yang mempengaruhi penggantian bagian sistem pendingin adalah frekuensi perawatan rutin, seperti perubahan pendingin. Pengemudi harus berkonsultasi tentang petunjuk manualnya dan seberapa sering mengubah antibeku serta menyiram sistem pendingin. Dengan menyiram mesin pendingin dan mengisinya merupakan hal dasar yang harus dilakukan untuk pemeliharaan sistem pendingin. Antibeku yang baru membantu mesin untuk lebih dingin dan flush untuk menghilangkan kotoran atau endapan yang dapat merusak bagian lain dari sistem pendingin.

Pendingin mesin harus diperiksa secara teratur dan Anda harus ingat untuk tidak pernah membuka tutup radiator panas. Jika pendingin rendah, campurkan 50/50 antibeku dan air suling.

Anda juga dapat melakukan inspeksi visual dari selang, belts, dan radiator untuk membantu mengidentifikasi masalah pendinginan sistem sebelum menggunakan kendaraan Anda. Kebocoran radiator, selang menggelembung, atau sabuk berjumbai dan pecah-pecah merupakan petunjuk pendingin mesin membutuhkan perawatan.

Tanda-tanda lainnya dari pendingin mesin bermasalah adalah meningkatnya temperatur kendaraan Anda yang semakin tinggi, kebocoran, munculnya uap atau suara mendesis di bawah kap mobil atau bau khusus yang dihasilkan dari mesin yang terlalu panas.

Pemeriksaan dan perawatan secara rutin merupakan hal sederhana yang Anda dapat lakukan untuk pemeliharaan kendaraan Anda agar kendaraan Anda tetap terawat dan prima.

Untuk melindungi kendaraan Anda terhadap resiko-resiko yang dapat terjadi kapan saja, segera berikan perlindungan melalui RMJMARKET.COM

Melalui RMJMARKET.COM Anda dapat menentukan perlindungan untuk kendaraan kesayangan Anda dengan berbagai pilihan perusahaan asuransi serta yang sesuai budget dan kebutuhan Anda.

 

Sumber : detik.com

Komentar Anda