Pengertian Asuransi Pengiriman Uang

cvit_thief

13 Aug Pengertian Asuransi Pengiriman Uang

Cash = “Uang” dalam arti bahwa selain Uang tunai termasuk juga Cek, Bilyet Giro, Saham, Obligasi, Deposito, Meterai, Perangko dan lain-lain surat berharga yang dapat diuangkan dengan segera.

 

Transit = Perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain.

 

Cashin Transit Insurance ( Asuransi Pengiriman Uang)

adalah: Suatu Asuransi atau Pertanggungan yang memberikan jaminan atau proteksi atas kehilangan Uang yang terjadi dalam masa Transit yang dilakukan, kehilangan mana harus dilakukan oleh pihak lain dengan disertai adanya unsur kekerasan.

 

Makna Uang :

Didalam Asuransi Pengangkutan Uang (C.I.T.), kita mengenal adanya 2(dua) makna Uang yang dibawa/diangkut tersebut, yaitu :

 

Uang yang akan digunakan untuk membayar gaji / payroll.

Uang yang akan digunakan bukan untuk membayar Gaji / payroll.

 

 

Letak perbedaan dari kedua makna uang tersebut, terletak pada masa transit yang dilaku-kannya, yaitu :

 

Uang yang akan digunakan untuk membayar Gaji / Payroll.

 

Pertanggungan ini mulai berlaku sejak uang tersebut diserahkan oleh Kasir Bank dan diterima oleh Pembawa uang atau orang yang mempunyai otorisasi untuk itu, selama perjalanan ke kantor atau tempat yang dituju, diserahkan dan diterima oleh Kasir Perusahaan, ditambah 24 Jam setelah uang tersebut diterima oleh Kasir Perusahaan.

 

Uang yang akan digunakan bukan untuk membayar Gaji / Payroll.

 

Pertanggungan ini mulai berlaku sejak uang tersebut diserahkan oleh Kasir Bank dan diterima oleh Pembawa uang atau orang yang mempunyai otorisasi untuk itu, selama perjalanan ke kantor atau tempat yang dituju, dana berakhir setelah uang tersebut diserahkan dan diterima oleh Kasir Perusahaan.

 

Perbedaan antara kedua Makna Uang tersebut diatas, dimana “Uang untuk membayar gaji” ditambah 24 jam setelah penyerahan ke Kasir Perusahaan, sedangkan “Uang bukan untuk gaji” akan berakhir setelah uang tersebut diserahkan ke Kasir Perusahaan, dengan pengertian bahwa ada kemungkinan tidak seluruh karyawan hadir pada saat pembayaran Gaji tersebut.

Sedangkan untuk “Uang yang bukan untuk membayar gaji” dianggap sebagai Cash-flow.

 

Komentar Anda