Persaingan Akan Semakin Sengit Antara Tenaga Kerja Lokal dan Asing

melamar_pekerjaan

17 Jun Persaingan Akan Semakin Sengit Antara Tenaga Kerja Lokal dan Asing

Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari ketidakseimbangan antara kebutuhan dan jumlah tenaga kerja. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Tenaga Kerja, Benny Soetrisno mengatakan bahwa tingginya jumlah pengangguran di satu daerah bukan hanya karena minimnya lapangan pekerjaan tapi juga karena tidak tersalurkan tenaga kerja ke daerah lain.

Jumlah pengangguran pada Februari 2015 mencapai 7,4 juta orang atau meningkat 210.00 orang dibanding Agustus 2014. Jika dibandingkan dengan Februari 2014 meningkat 300.000 orang. Angka ini berpotensi terus membesar seiring pemberlakuan pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tenaga kerja asing akan berbondong-bondong menyerbu Indonesia. Kompetisi akan semakin ketat dalam mencari pekerjaan.

“Persaingan mendapatkan pekerjaan nantinya bukan saja antara kita sesama bangsa Indonesia namun juga sengit dengan negara-negara ASEAN lainnya,” tegasnya.

Pengusaha khawatir pekerja Indonesia akan kalah saing mengingat dari sisi kualitas masih kalah dengan negara lain. Kualitas tenaga kerja berkaitan dengan sistem pendidikan dan pelatihan yang tidak sesuai kebutuhan dunia usaha.

“Sehingga terjadi kesenjangan dan ketidakcocokan antara penawaran dengan permintaan yang berdampak pada rendahnya produktivitas dan terjadinya pengangguran. Seharusnya SDM yang ada dapat memenuhi dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha,” tutupnya.

 

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda