Punya Asuransi Mobil dan Mau Nerjang Banjir? Baca Dulu 5 Hal Ini

koordinasi-penanganan-banjir-pemprov-warga-dki-tidak-mulus-qCs

10 Feb Punya Asuransi Mobil dan Mau Nerjang Banjir? Baca Dulu 5 Hal Ini

Kota Jakarta dikepung oleh banjir dan ada beberapa pengguna mobil dengan berani mencoba melewati banjir. Namun sebagian ada yang berhasil dan ada yang tidak.

Bagi pemilik mobil yang telah diasuransikan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut sebelum mencoba untuk menerjang banjir.

1. Perhatikan isi polis

Luangkan waktu untuk membaca dan memperhatikan kembali isi polis. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah asuransi Anda sudah meliputi pertanggungan kerusakan mobil yang disebabkan oleh banjir. Dalam asuransi hal ini disebut dengan istilah ‘perluasan’.

2. Tambah perlindungan

Jika perluasan banjir belum termasuk ke dalam perlindungan asuransi yang Anda beli, sebaiknya segera hubungi perusahaan asuransi terkait dan mintalah untuk menambahkan perluasan tersebut ke dalam asuransi Anda.

3. Sudah terlindungi bukan berarti bebas melibas banjir

Bagi Anda yang telah memiliki perluasan banjir pada asuransi yang dibeli, sebaiknya tidak lantas bebas menyusuri jalan yang tergenang banjir. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

4. Perhatikan hal-hal yang menggugurkan klaim

Meski telah memiliki perluasan banjir, namun ada beberapa hal yang dapat menggugurkan klaim, seperti memaksakan menerobos banjir atau berkendara tanpa surat-surat resmi. Itulah pentingnya membaca dan memahami isi polis.

5. Jaga perilaku selama menyetir

Agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan perusahaan asuransi hingga menyebabkan klaim ditolak, Anda bisa menanyakan isi polis kepada petugas asuransi secara rinci.

Kiat ini dapat dijadikan acuan bagi para pengendara khususnya pemilik asuransi mobil, agar terhindar dari masalah yang diakibatkan banjir. Namun yang paling penting adalah pengendara menjaga perilaku selama menyetir. Kelalaian kecil bisa berakibat buruk bagi Anda daan pengguna jalan lainnya. Terutama saat musim hujan seperti sekarang ini dimana kondisi jalan menjadi licin dan akselerasi kendaraan menjadi berkurang.

Dengan menerapkan perilaku dan pengetahuan yang cukup mengenai berkendara aman dan isi polis asuransi, musim hujan tentunya tidak akan menghalangi aktivitas Anda sehari-hari.

 

Sumber : detik.com

Komentar Anda