Selama 40 Tahun, Indonesia Belum Memiliki Kebijakan Batu Bara Nasional

coal-in-hands

25 May Selama 40 Tahun, Indonesia Belum Memiliki Kebijakan Batu Bara Nasional

Indonesia dinilai hingga saat ini belum memiliki kebijakan mineral dan batu bara terkait pengelolaan sumber daya mineral. Padahal, Indonesia telah berkecimpung selama 40 tahun dalam bisnis mineral dan batu bara.

“Indonesia sudah 40 tahun, namun tidak punya kebijakan mineral dan batu bara. Negara lain punya kebijakan itu.” ujar Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), Disan Budi Santoso dalam diskusi mingguan bertajuk ENERGI KITA dengan tema ‘Mafia dalam Tata Kelola Batu bara’.

Menurutnya pemerintah harus segera membuat kebijakan tersebut sebelum cadangan batu bara atau mineral Indonesia menipis. Perhapi pernah mencatat adanya upaya transfer pricing antara Indonesia dan India soal penjualan batu bara. Dengan adanya kebijakan maka akan meminimalisir kerugian negara akibat penyelewengan dalam pengelolaan batu bara.

“Kebijakan harus segera dibuat, penyelewengan batu bara ini harus disingkirkan,” kata Disan Budi.

Selain itu, dia juga meminta kepada pemerintah untuk mengedepankan konsumsi batu bara dalam negeri. Bahkan konsumsi batu bara nasional masih kalah dengan Vietnam dan Thailand yang produksi batu baranya di bawah Indonesia.

“Di Indonesia baru 30%. Padahal di China itu 60% untuk kebutuhan energi nasional berasal dari batu bara. Vietnam dan Thailand juga masih banyak yang pakai briket,” pungkas dia.

 

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda