TRAVEL INSURANCE

pitfalls-of-cheap-travel-insurance

13 Aug TRAVEL INSURANCE

Pernah mengalami masalah dengan bagasi Anda ketika dalam penerbangan? Rusak, tertukar, bahkan sampai kehilangan bagasi juga sudah sering kita dengar kejadian itu menimpa para penumpang maskapai penerbangan. Apakah ada solusinya?

 

Ada beberapa solusi atau tidakan untuk mensiasati agar tidak mengalami atau bahkan mengurangi beban resiko yang dialami ketika kehilangan bagasi. Namun sebelumnya kita harus mengetahui dahulu mengapa sering terjadi masalah pada bagasi kita di penerbangan.

 

Hal pertama kita harus mengetahui  tentang sistem bagasi di  bandara. Tidak semua maskapai penerbangan mempunyai sistem dan manajemen tentang bagasi secara comprehensif. Karena itu ada perusahaan yang menyediakan sistem dan manajemen untuk bagasi, perusahaan tersebut disebut perusahaan Ground Handling. Perusahaan Ground Handling tidak selalu dari luar maskapai, ada juga maskapai penerbangan besar dan sudah memiliki manajemen bagasi yang baik juga menawarkan jasanya ke berbagai perusahaan maskapai penerbangan lainnya.

 

Jadi kita harus memastikan dan mencari tau apakah maskapai penerbangan yang kita gunakan sudah memiliki jaringan sistem dan manajemen bagasi sendiri. Perusahaan maskapai besar seperti Garuda Indonesia, MAS, JAL, China Airlines, dan Thai sudah memiliki sistem dan manajemen bagasi sendiri. Jika pun kita tidak menggunakan maskapai penerbangan besar tersebut, kita bisa tanyakan apakah maskapai yang akan kita naiki sudah terintegrasi dengan manajeman bagasi yang baik.  Namun untuk bandara-bandara kecil, biasanya maskapai akan menyerahkan sistem bagasi pada perusahaan ground handling lokal di kota tersebut. Jadi di sini kemungkinan akan sering terjadi masalah. Kesalahan dokumentasi, tidak terintegrasinya sistem dengan pusat, dan berbagai hal lainnya yang memungkinkan semakin besarnya kerusakan bahkan kehilangan bagasi kita.

 

Namun bukan hanya maskapai penerbangan atau perusahaan ground handling, kerusakan dan kehilangan bagasi juga secara tidak langsung menjadi tanggung jawab pihak bandara selaku penanggung jawab keamanan bandara. Bandara sebagai penyedia berbagai fasilitas yang ada di bandara, maka perusahaan ground handling dan maskapai penerbangan membayar sewa dan konsesi kepada pengelola bandara. Oleh karena itu pengelola bandara wajib memberikan keamanan kepada seluruh pengguna bandara. Saat ini pengelola besar bandara ada PT Angkasa Pura I dan II, serta untuk bandara-bandara kecil Unit Pelanksanan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

 

Sekarang kita mengetahui letak titik dimana sangat rawan akan kerusakan dan kehilangan bagasi kita dalam penerbangan. Lalu bagaimana solusinya?

 

Pertama yang paling gampang adalah gunakan maskapai penerbangan yang sudah terpercaya dan memiliki sistem dan manajemen bagasi sendiri. Biasanya juga memiliki online sistem untuk pengaduan kerusakan dan kehilangan bagasi.

Kedua, sebelum melakukan check-in di konter maskapai, gunakan gembok yang kuat atau di wrap-up dengan mesin yang tersedia di bandara . Lalu ketika berada di kontek check-in maskapai, pastikan bagasi kita mendapatkan label bagage-tag sesuai dengan tujuan bandara kita. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kita akan mengalami kerusakan/kehilangan bagasi dalam penerbangan.

 

Ketiga, agar kerusakan/kehilangan bagasi tidak terlalu membebani kita, gunakan asuransi tambahan untuk perjalanan kita. Memang ketika kita menggunakan angkutan maskapai penerbangan, ada asuransi perjalanan dari maskapai. Namun itu hanya sebatas dalam perjalanan dari satu bandara ke bandara yang dituju. Dan kerusakan/kehilangan bagasi ditanggung oleh asuransi dari maskapai tersebut selama maskapai memang mengakui ada kerusakan dan kehilangan bagasi dari penumpangnya.

 

Hal terakhir ini yang kadang susah-susah gampang untuk mendapatkan tanggungjawab/ganti rugi dari pihak maskapai penerbangan. Jadi memang sebaiknya lengkapi dengan asuransi perjalanan dari pihak ketiga diluar maskapai. Seperti Travellin, asuransi perjalanan dari PT asuransi Adira Dinamika yang memberikan kemudahan dan keringanan dalam klaim atas kerusakan/kehilangan bagasi. Paket yang diberikan atas kerusakan/kehilangan bagasi adalah bersifat santunan. Jadi kita sebagai pengguna Travellin, bisa melakukan klaim atas kerusakan/kehilangan bagasi kepada maskapai dan kepada Travellin. Kerusakan/kehilangan bagasi kita akan diberikan santunan hingga $1000 untuk perjalanan luar negeri dan maksimum Rp 2 juta untuk perjalanan dalam negeri.

 

Asuransi perjalanan Travellin tidak hanya memberikan manfaat/benefit selama dalam penerbangan tetapi selama perjalanan kita di berbagai kota/negara yang kita kunjungi sampai kembali ke tempat asal kita.

 

Jadi kita sebagi pengguna layanan transportasi penerbangan, sebaiknya semakin bijak dan teliti dalam hal yang berkaitan dengan barang bawaan/bagasi kita selama perjalanan. Dan juga hal di atas jangan sampai membuat kita untuk tidak selalu berpetualang ke berbagai tempat dengan maskapai penerbangan. Karena dengan maskapai penerbangan kita bisa selalu mengunjungi berbagai lokasi istimewa dalam waktu yang singkat dan cepat.

 

Selamat berpetualangan dan selalu dapat menikmati dan nyaman dalam setiap perjalanannya. Dan yang pasti dapat selamat sampai kembali lagi ke rumah kita:)

 

Berlibur bersama keluarga tentu sangat menyenangkan, tapi bagaimana jika ada sesuatu kejadian buruk yang diluar perkiraan kita terjadi ketika kita berlibur? Mood dan semangat liburan keluarga bisa sangat terganggu, belum lagi kerugian yang ditimbulkan. Kerugian waktu berharga kita bersama keluarga atau juga kerugian materil, siapa yang membantu kita?

 

Dengan Travellin, Asuransi Perjalanan dari PT Asuransi Adira Dinamika dapat meringankan ketidaknyamanan Anda dalam berlibur bersama keluarga. Travellin akan memberikan berbagai santunan dan benefit dari kerugian dan ketidaknyaman yang kemungkinan bisa dialami selama Anda berlibur.

 

Paket keluarga (Family) dari Travellin, sangat lengkap memberikan manfaat kepada Anda dari Kecelakaan dalam Perjalanan, Keterlambatan keberangkatan (Flight Delay), Kehilangan atau Kerusakan Bagasi, dan juga ada berbagai jaminan tambahan.

 

Keluarga dan Anda semakin nyaman menikmati perjalanan liburannya. Ditambah lagi  ada keunggulan dalam membeli paket keluarga yang ditawarkan Travellin, yaitu fitur Cashless. Fitur yang memungkinkan Anda mendapatkan kemudahan memperoleh layanan medis tanpa dana tunai ketika Anda di luar negeri.

 

Liburan Anda dan keluarga kini tak lagi terganggu dengan berbagai hal yang tak menyenangkan. Mulai nikmati perjalanan liburan Anda dan keluarga dengan lebih nyaman dan menyenangkanJ

 

 

SUMBER :

WWW.TRAVELLIN.CO.ID

Komentar Anda